3 Pembalap Top MotoGP yang Pernah Juara di Sirkuit Berbahaya COTA, Nomor 1 sang Raja Marc Marquez!

3 Pembalap Top MotoGP yang Pernah Juara di Sirkuit Berbahaya COTA, Nomor 1 sang Raja Marc Marquez!

BERIKUT tiga pembalap top MotoGP yang pernah juara di Sirkuit COTA, Austin, Texas, Amerika Serikat (AS) yang dikenal berbahaya. Salah satu nama tersebut adalah Marc Marquez!

Sirkuit COTA merupakan lintasan modern yang baru dibuka untuk balapan pada 2012. Trek tersebut masuk ke kalender balap MotoGP sejak 2013.

Setelah itu, Sirkuit COTA rutin masuk kalender balap MotoGP kecuali pada 2020 akibat pandemi Covid-19. Walau begitu, hanya ada empat nama pembalap yang pernah menang balapan di sana!

Siapa saja tiga pembalap top itu? Simak ulasan berikut ini

3 Pembalap Top MotoGP yang Pernah Juara di Sirkuit Berbahaya COTA

3. Maverick Vinales

Pembalap asal Spanyol ini merupakan pemenang teranyar di COTA. Vinales memenangi balapan MotoGP AS 2024 di sirkuit tersebut pada April silam.

Hebatnya, pria berusia 29 tahun itu juga mencetak rekor bergengsi. Vinales menjadi satu-satunya pembalap yang pernah menang dengan tiga pabrikan berbeda yakni Suzuki, Yamaha, dan Aprilia!

2. Alex Rins

Pembalap asal Spanyol ini dalam beberapa tahun belakangan menurun drastis. Namun, Rins merupakan pemenang terbanyak kedua di COTA yakni dua kali.

Pria berusia 28 tahun itu memenangi balapan pada 2019 dan 2023. Rins bisa dibilang menjadi pembalap pertama yang menang di sirkuit tersebut selain sang penguasa.

1. Marc Marquez

Sang penguasa siapa lagi kalau bukan The Baby Alien. Marquez merupakan pemenang pertama balapan di COTA pada 2013. Setelah itu, ia menang beruntun di sana pada 2014-2018!

Bahkan, Marquez kembali menang di COTA pada 2021 usai mengalami cedera parah pada Juli 2020. Tercatat, ia sudah tujuh kali menapaki podium tertinggi di sirkuit tersebut.

COTA memang merupakan sirkuit andalan Marquez di kalender balap MotoGP selain Sachsenring (Jerman). Sayangnya, ia gagal memenangi balapan tahun ini karena terjatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *